Thursday, August 13, 2015

SDN Merdeka ( Chapter 1)


                                                       SDN Merdeka5
                                                                    Chapter 1

 Kamis ,06-08-2015  Adalah hari pertama saya mengajar di Gugus69 , Saya mengajar di SDN Merdeka5(gugus inti) Jadwal saya di merdeka setiap hari kami selama 2x pengajaran yaitu jam 08.00 dan jam 13.00

Pertama-tama saya mulai mengajar dengan bersosialisasi terlebih dahulu dengan guru-guru tersebut
Saya memberitahukan terlebih dahulu apa saja yang akan saya ajarkan ke pada guru-guru dan Murid

Karena di SD ini sudah ada internet access saya membatu guru-guru mengkoneksikan laptop/atau HP ke jaringan internet sekolah,Setelah semua sudah terkoneksi dengan internet saya mengarahkan guru-guru untuk buka browser ,setelah sudah dibuka browser saya arahkan guru-guru untuk membuat email..

Jujur saja sih sangat sulit mengajarkan guru-guru SD sampai membuat email juga cukup kesulitan
akhirnya saya bantu satu persatu untuk membuat email tersebut.Setelah semua guru sudah membuat email saya arahkan lagi menuju edmodo (www.edmodo.com)





Digambar ini saya sedang bersosialisai tentang materi apa saja yang akan saya kerjakan dalam beberapa minggu kedepan

 Di gambar ini saya menjelaskan tentang cara membuat email untuk mendaftar ke edmodo
sebagai guru

 Di gambar ini saya mulai menjelaskan cara daftar sebagai guru di edmodo
Guru saya arhakan untuk membuat grup masing-masing karena setiap guru beda kelas mengajarnya
setelah guru-guru sudah membuat grup saya ajarkan cara membuat Pengumuman dengan menyelipkan file di pengmuman tersebut 

Terus saya ajarkan cara membuat soal ujian edmodo ,saya ajarkan juga cara membuat soal gambar pada edmodo
Sebelumnya saya membuat grup sendiri sebagai Guru agar guru-guru tau cara join grup tersebut dan mencoba untuk menjawab soal yang telah saya buat sebagai tata cara guru-gutu bila suatu saat nanti memerlukan
Di gambar ini saya membantu guru yang sedang kesulitan masuk edmodo karna ibu ini hanya memakai HP saja ,terus saya arahkan sampai join grup saya dan membuat grup sendiri untuk guru tersebut



Kesulitan yang saya hadapi saat mengajar pertama adalah kesulitan membuat email dan koneksi internet di sekolah tersebut kurang lancar sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menagajarkan guru-guru tersebut

Alhamdulilah berkat kerja keras saya mengajar akhir guru-guru tersebut sudah bisa buat email login edmodo dan membuat grup sendiri
Minggu depanya saya akan ajarkan Murid-murid SD tersebut untuk membuat edmodo sebagai Murid 
Masing-masig murid akan saya joinkan pada gurunya masing-masing

itu adalah cerita saya mengajr pertama kali di SD



Verdien Fajar Gumilang 

No comments:

Post a Comment